Gedung MPR-DPR Jadikan Tempat Kunjed Kelas IV

JAKARTA –¬†Kunjungan Edukatif atau Kunjed merupakan bagian yang tidak tepisahkan dalam menumbuh kembangkan potensi anak didik terutama untuk melibatkan mereka belajar dalam lingkungan yang lebih nyata, menjadi sangat penting keberadaannya.

Kali ini, siswa kelas IV SD Islam Terpadu (SDIT) Nurul Fikri melakukan kunjed ke Gedung MPR-DPR dan Museum Nasional Semester 2 tahun ajaran 2016-2017, Senin (6/3/2017). “Pemilihan tempat kunjed di dua tempat tersebut sebagai obyek kunjungan diharapkan dapat mendukung terciptanya pembelajaran yang dekat dengan dunia nyata dan meningkatkan minat siswa untuk belajar serta adanya kesesuaian dengan kompetensi dan tema yang sedang dipelajari siswa,” kata Penanggung Jawab Kegiatan,

Adanya kunjed untuk siswa-siswi kelas IV untuk memperdalam materi pembelajaran kelas IV, memperkaya pengalaman belajar, mengajak siswa mengenal lembaga wakil rakyat. “Siswa mendapatkan wawasan tentang lembaga legislatif dan memberikan wawasan tentang budaya dan peninggalan sejarah,” lanjut

Siswa berangkat pukul 07.30 WIB diawali dengan sambutan dari Kepala Sekolah SDIT Nurul Fikri, Fathonah, menuju Gedung MPR-DPR. Siswa berkeliling di gedung MPR-DPR dan diberi penjelasan oleh pembimbing, Lusiana. Sekitar pukul 13.00 WIB siswa menutup kunjed dengan melanjutkan kunjungan ke Museum Gajah yang dibimbing oleh pihak museum, Astrid.

Kegiatan ini untuk memberi pemahaman kepada siswa tentang kehidupan manusia dalam kelembagaan sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya di masyarakat sekitar. Juga memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosisl, budaya dan ekonomi. “Membuat siswa dapat memahami aktivitas profesi anggota dewan atau wakil rakyat, dan memberi pemahaman tentang korupsi dan kejujuraan,” tandasnya.

Leave a Reply