SIT Nurul Fikri Raih 18 Medali di Heat Round Olimpiade Matematika Hong Kong

By June 4, 2018Berita Umum

DEPOK – Pelajar SIT Nurul Fikri berhasil menyabet prestasi yang membanggakan dalam ajang kompetisi dunia, Olimpiade Matematika Internasional. Mereka berhasil meraih tiga medali emas, empat medali perak, enam medali perunggu, lima medali merit, dalam ajang Hongkong International Mathematical Olympiad (HKIMO) HEAT ROUND 2018 khusus Region Indonesia.

“Syukur Alhamdulillah, ini pertama kali SDIT dan SMPIT Nurul Fikri meloloskan cukup banyak siswa-siswinya dalam raihan medali, pada setiap raihan medali siswa-siswi Nurul Fikri mendapatkan baik emas, perak, dan perunggu,” kata Penanggung Jawab Olimpiade SMPIT Nurul Fikri, Heru Cahyadi, Senin (4/6).

HKIMO merupakan kompetisi internasional matematika yang berasal dari Hong Kong. Selain Hong Kong, ada 14 negara yang turut berpartisipasi dalam olimpiade tersebut. Yakni Indonesia, Hong Kong, Malaysia, Thailand, Filipina, Australia, China, Kyrgyzstan, Singapura, Turki, Bulgaria, Iran, Kazakhstan, dan Ukraina.

Sebelum bisa mencapai tahap final di Hong Kong, setiap negara mengadakan seleksi nasional terlebih dahulu. Seleksi berlangsung pada Sabtu (12/5) di Jalan Tugu Raya, No. 61, Tugu, Cimanggis, Depok. SMPIT Nurul Fikri terpilih menjadi lokasi seleksi HKIMO untuk wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. “Ada juga dari Lampung tes di SMPIT Nurul Fikri, karena disana tidak ada panitia rayonnya tapi penilaian tetap dari pusat,” jelas Heru.

Total peserta dalam kompetisi dari Indonesia sebanyak 1703 di seluruh Indonesia. “Ini babak heat round pada 12 Mei 2018 yang dapat emas, perak, dan perunggu, berhak maju ke final round di Hong Kong pada 31 Agustus – 3 September 2018.

Heru mengucapkan terima kasih kepada Direktur YPPU (Yayasan Pendidikan dan Pemberdayaan Umat) Nurul Fikri, Rahmat Syehani, kepala sekolah SDIT Nurul Fikri, Fathonah Januwiyati, dan kepala sekolah SMPIT Nurul Fikri, Ahmad Sukarya, atas dukungannya selama ini kepadanya dan siswa-siswinya untuk sering berpartisipasi pada lomba-lomba internasional.

“Juga kepada rekan guru dan alumni yang telah membantu pembinaan intensif terhadap adik-adik kelasnya dalam menghadapi HKIMO ini,” tandasnya.

Leave a Reply