Siswa SDIT Nurul Fikri Sibuk Baca Quran di Ramadan

TUGU – Berpuasa bukanlah suatu hal yang menghalangi aktivitas kita. Berpuasa selain baik untuk kesehatan juga melatih kita berbuat baik. Seperti yang dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Fikri, siswa-siswinya tetap melakukan aktivitas berguna seperti membaca Alquran.

Siswa-siswi terlihat sibuk di koridor kelas sedang melantunkan ayat-ayat kalamullah. Mereka terlihat sedang berlomba-lomba melakukan ibadah amal saleh atau fastabiqul khairat. Kegiatan membaca Alquran selain mendapatkan pahala juga baik untuk kesehatan.

Amalan yang menjadi favorit banyak orang ini membuat sehat yang membacanya. Mengapa? Karena saraf pendengaran terhubung dengan seluruh otot tubuh, inilah sebabnya keseimbangan dan fleksibilitas tubuh, serta indra penglihatan terpengaruh oleh suara.

“Baca Alquran juga bisa menenangkan pikiran, mencerdaskan otak,” ucap Humas SIT Nurul Fikri, Irma Siregar. Dalam quran surat Ar Ra’d ayat 28, “Ingatlah, hanya dengan zikir (mengingat) Allah hati menjadi tenang.” Dalam hadits pun disebutkan, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul dalam salah satu rumah Allah (masjid) untuk membaca Kitabullah (alqur’an) dan mempelajarinya, melainkan ketenangan jiwa bagi mereka, mereka diliputi oleh rahmat, dikelilingi oleh para malaikat, dan Allah menyebut nama-nama mereka dihadapan para malaikat yang ada di sisi-Nya. (HR. Muslim).

Leave a Reply