Kelas 6 Gelar Mabit Quran

mabit quran

TUGU – Salah satu mendatangkan cinta Allah kepada hambanya ialah Alquran. Alquran merupakan sumber utama dan pedoman bagi kehidupan umat Islam guna mencapai kebahagiaan hakiki baik di dunia maupun akhirat. Baik dari segi hukum, sosial, pendidikan, ekonomi, politik, dakwah, budaya, dan lain sebagainya.

Sebagai generasi awal, SD Islam Terpadu (SDIT) Nurul Fikri rutin melakukan kegiatan Mabit Quran untuk para siswa-siswinya. Salah satunya ialah kelas 6 baru ini menggelar kegiatan tersebut selama dua hari sejak Jumat sampai Sabtu (24-25/2/2017) di Indoor Sport SDIT Nurul Fikri, Jalan Tugu Raya, No. 61, Tugu, Cimanggis, Depok.

“Guru Alquran yang ikut serta sebanyak 19 guru. Mabit Quran menjadi harapan untuk dapat memberikan motivasi unutk lebih dekat lagi dengan Alquran dan lebih mudah menghafalkannya,” kata Penanggung Jawab Kegiatan, Fahmi Irvansyah, S.Pd.I.

Siswa diharapkan dapat mengidentifikasi langkah-langkah menghafal Alquran yang mudah, cepat, lebih dekat dan melekat serta menjadikan Alquran sebagai pegangan hidup. “Siswa dapat membiasakan diri dengan harian yang sesuai dengan syariat Islam dan tuntunan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam,” tambahnya.

Kegiatan ini bertujuan agar siswa dapat mencapai target menghafal Alquran sebanyak delapan baris, memberi semangat dalam menghafal Alquran, dan memiliki karakter akhlakul karimah. “Kegiatan ini untuk mengukur kedisiplinan siswa melalui pemberlakuan poin dalam setiap kegiatan,” jelas Fahmi.

Mabit Quran dimulai dengan membaca al-matsurat dan tilawah serta pemutaran film yang dapat memotivasi siswa senang menghafal Quran. Usai salat maghrib dan makan malam dilanjutkan dengan salat isya dan materi pembekalan dari Ustaz Masrur Ahmadi. Kemudian siswa membuat kelompok untuk mulai menghafal Alquran dengan dibantu guru pembimbing sampai pukul 22.00 wib.

Pagi harinya, siswa melanjutkan menghafal dan melakukan setoran hafalan kepada guru Qurannya masing-masing. Dalam kegiatan ini diberlakukan penambahan atau pengurangan poin bagi siswa yang disiplin dan aktif mengikuti kegiatan.

Leave a Reply