Headline News

Kelas IV Fieldtrip ke Museum Sutera dan Zoologi Bogor

TUGUFieldtrip atau karyawisata merupakan bagian yang tidak tepisahkan dalam menumbuh kembangkan potensi anak didik terutama untuk melibatkan mereka belajar dalam lingkungan yang lebih nyata menjadi sangat penting keberadaannya.

Fieldtrip merupakan salah satu kegiatan pembelajaran dalam proses mendidik anak sehingga diperlukan rancangan sedemikian rupa agar lebih bermakna bagi pertumbuhan dan perkembangan anak didik kita.

Untuk itulah, SD Islam Terpadu (SDIT) Nurul Fikri melakukan fieldtrip ke Rumah Sutera dan Museum Zoologi di Bogor pada Selasa (2/5/2017) untuk memperdalam materi pembelajaran kelas IV, memperkaya pengalaman belajar, dan mengajak siswa mentaddaburi tand-tanda kebesaran Allah Subhanallahu Wa Ta’ala.

“Tujuannya agar siswa dapat menghubungkan antara yang dipelajari di kelas dengan yang diamati di lokasi. Juga biar dapat memanfaatkan obyek yang dilihat serta dapat menjadikan lokasi sebagai sarana berzikir,” terang ketua kegiatan, Astrid Perwitasari, SP.

Kompetensi dasar fieldtrip ini ialah mendeskripsikan hubungan antar sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat. Serta memberikan penyajian laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.

Pemilihan Rumah Sutera dan Museum Zoologi sebagai obyek kunjungan diharapkan dapat mendukung terciptanya pembelajaran yang dekat dengan dunia nyata. “Meningkatkan minat siswa untuk belajar serta adanya kesesuaian dengan kompetensi yang diharapkan,” tandasnya.

Leave a Reply